Khasiat Buah Delima

Seperti yang dulu pernah dituliskan tentang manfaat buah delima  di sini, kita menjadi tau bahwa banyak sekali khasiat buah delima bagi kesehatan manusia, bahkan subhaanAllaah delima ini merupakan salah satu jenis buah yang namanya disebutkan dalam Al-Quran yang disandingkan dengan kurma, anggur dan zaitun. Pastilah khasiat buah delima inipun tidak kalah dengan khasiat buah-buah yang lainnya.

Berikut ini penulis ambilkan dari buku Tumbuhan Obat dan Khasiatnya karangan Drs. H. Arief Hariana, disebutkan bahwa dari mulai akar buah delima, kulit kayu buah delima, kulit akar buah delima, kulit buah, daun, bunga delima, dan biji delima mempunyai khasiat untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya:

1. Khasiat buah delima untuk mengobati cacingan, batuk, mencret, disentri yaitu dengan mencuci bersih 10 kg akar kering delima, dipotong kecil-kecil, lalu direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah itu didinginkan, disaring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

2. Khasiat buah delima untuk mengobati kegemukan (obesitas) yaitu dengan mencuci bersih 2 butir daging buah delima yang masih muda lalu tumbuk halus. Seduh dengan 1/2 cangkir air panas, tambhakan garam secukupnya, lalu aduk rata. Saring dengan kain lalu minum sekaligus 1 kali sehari. Ulangi secara rutin setiap hari sampai diperoleh hasil yang diinginkan. Jangan lupa untuk menghidari makanan yang berlemak.

manfaat buah delima
Delima putih dan delima merah
3. Khasiat buah delima untuk mengobati radang selaput lendir gusi (ginggivitis) yaitu dengan cara mencuci bersih 7 kuntum bunga delima segar, rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Dinginkan kemudian saring, lalu pergunakanlah untuk kumur-kumur.

Itulah beberapa khasiat buah delima. Semoga bagi mereka yang sedang Allaah coba dengan salah satu penyakit di atas, Allaah berikan kesabaran yang besar dan reward yang jauh lebih besar lagi atau diberikan kesembuhan atas penyakitnya sehingga melancarkan ibadah kepada Allaah. Amin.

No comments:

Post a Comment