Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan


Allaah berfirman:

“Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.” (Ar-Rahman:68)

Dan Dialah yang menurunkan hujan dari langit lalu Kami tumbuhkan dengan air hujan itu segala jenis tumbuh-tumbuhan, kemudian Kami keluarkan daripadanya tanaman yang menghijau, Kami keluarkan pula dari tanaman itu butir-butir (buah) yang bergugus-gugus dan dari pohon-pohon tamar (kurma), dari mayang-mayangnya (Kami keluarkan) tandan-tandan buah yang mudah dicapai dan dipetik dan (Kami jadikan) kebun-kebun dari anggur dan zaitun serta buah delima, yang bersamaan (bentuk, rupa dan rasanya) dan yang tidak bersamaan. Perhatikanlah kamu kepada buahnya apabila ia berbuah dan ketika masaknya. Sesungguhnya yang demikian itu mengandungi tanda-tanda (yang menunjukkan kekuasaan Kami) bagi orang-orang yang beriman. (Al-An’am: 99).

Diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib, beliau berkata: “Makanlah kamu sekalian buah delima berikut dengan minyaknya, karena sesungguhnya ia merupakan pembersih (penyamak) perut.” Begitu juga menurut Ibnul Qayyim Al-Jauziyah bahwa buah delima menyehatkan dan menguatkan perut, tenggorokan, dada dan paru-paru, selain dapat memperbanyak sperma dan membangkitkan gairah seksual.

manfaat delima bagi kesehatan
Manfaat buah delima bagi kesehatan
Secara umum buah delima bagus untuk lambung, tenggorokan, dada dan paru-paru, menyembuhkan batuk, bagus untuk lambung dan sebagai bahan celak bersama madu dan mengobati luka lama. Untuk buah delima yang masam rasanya bermanfaat untuk menyembuhkan radang perut dan lebih dapat melancarkan air seni dibandingkan jenis buah delima lainnya. Buah jenis ini juga bisa meredakan penyakit kuning, menghentikan diare, mencegah muntah-muntah, mual dan mulas, melunakkan tinja, menurunkan panas pada organ hati, menguatkan organ-organ tubuh, mencegah gangguan empedu, rasa sakit yang muncul pada liver dan mulut lambung, menguatkan organ dalam perut dan mengeluarkan kotoran-kotorannya.

Rasa sepat pada buah atau bagian tanaman lain contohnya buah anggur biasanya merupakan tanda bahwa di dalam bagian tanaman tersebut terkandung tanin yang merupakan senyawa pilifenol. Rasa sepat pada tanin yang terdapat di dalam berbagai bagian tanaman disebabkan karena tanin dapat mengendapkan protein sehingga jika tannin bersentuhan dengan lidah maka reaksi pengendapan protein ditandai dengan rasa sepat atau astrigen. Rebusan atau suspense yang mengandung gom arab atau gom tragakan yang mengandung tanin, di dalam klinik digunakan untuk menyembuhkan luka terbuka. Efek sepat dan penyembuhan luka oleh tanin disebabkan karea sebagai senyawa polifenol memilki aktivitas sebagai antioksidan. Potensi antioksidan dari berbagai tanaman dimanfaatkan di dalam pengobatan herbal untuk menghentikan diare, sebagai antiinflamasi, antiseptic dan di dalam penelitian modern sebagai obat osteoartristis, antitumor dan antikanker.

Yang perlu diketahui dari khasiat buah delima ini bahwa telah dilakukan uji coba oleh sejumlah dokter dari The University of Boston, USA yang hasilnya jus buah delima terbukti meningkatkan aliran darah menuju penis –yang tentu saja bisa membantu pria yang mengalami masalah seksual-. Jus buah delima juga tinggi kandungan flavonoidnya –suatu jenis antioksidan kuat yang penting perannya untuk menurunkan radikal bebas, serta mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker. Antioksidan dalam sari delima lebih tinggi disbanding pada teh hijau atau jus jeruk. Juga karena mampu membersihkan “karat lemak” pipa pembuluh darah, sehingga melancarkan aliran darah melalui pembuluh otak, jantung, mata, dan ginjal. Semua itu bisa mencegah terjadinya serangan stroke, jantung, dan penyakit lainnya. Biidznillaah.

No comments:

Post a Comment