Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Allaah berfirman:
"Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang." (Ar-Rahman:11)

"Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan buah anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allaah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya. (Al-Baqarah:266)


Dari Aisyah RadhiAllaahu ‘anha, dia berkata, Rasuulullaah shallallaahu ‘alayhi wasallam bersabda:

“Wahai Aisyah, rumah yang didalamnya tidak ada kurma, maka penghuninya adalah orang-orang yang kelaparan.” Beliau mengucapkannya dua atau tiga kali. (Shahih Muslim, 2046).
Dari Ibnu umar Radhiallaahu ‘anhuma, dia berkata, Rasuulullaah shallallaahu ‘alayhi wasallam pernah bersabda:
“Sesungguhnya di antara pohon ada sebatang pohon yang daunnya tidak mudah jatuh. Pohon itu seperti orang muslim.” Ibnu Umar berkata, “Coba katakan kepadaku, apa pohon itu?” maka orang-orang menebak sendiri-sendiri kemudian Ibnu Umar berkata, “Aku merasa yakin bahwa yang dimaksud adalah pohon kurma. Namun aku malu mengatakannya.” Lalu orang-orang berkata, “Wahai Rasuulullaah, beritahukanlah kepada kami, apakah pohon itu?’ Beliau menjawab, “Pohon Kurma.” (Muttafaq ‘Alayhi: Al-Bukhary, 61; Muslim,2811).
kegunaan kurma bagi kesehatan
Manfaat kurma bagi kesehatan

Rasuulullaah shallallaah ‘alayhi wa sallam bersabda: “Kurma Ajwah itu berasal dari surga, ia adalah obat penawar racun.’ (H.R. Ibnu Majah)


Dalam sahih bukhari dan muslim diriwayatkan oleh sa’ad bin Abi Waqash, dari Nabi shallallaah ‘alayhi wa sallam beliau bersabda, “Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu dia tidak akan terkena racun atau sihir.”

Di dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon axitosine yang berfungsi membantu proses kelahiran juga secara perlahan-lahan akan menghentikan pendarahan dari pembuluh-pembuluh darah yang ada di sana. Proses selanjutnya akan mengerutkan serat-serat otot luar yang mengelilingi saluran air susu di payudara yang mengakibatkan akan membuat air susu menjadi melimpah sehingga proses penyusuan pada bayi berjalan dengan baik. 

Di pasaran, kurma dijual dalam bentuk sari kurma. Kurma berfungsi sebagai buah-buahan, obat, minuman dan makanan pokok dan manisan. Manfaat kurma ini bagus sekali untuk liver, menambah produktivitas sperma, menguatkan tenggorokan, membunuh cacing jika dimakan sebelum pagi. Kegunaan lainnya adalah membersihkan kandung kemih, mulut, tenggorokan, paru-paru, liver, limpa dan menghilangkan lendir.

Kurma merupakan kombinasi alamiah antara makanan sumber energi dan sumber zat-zat gizi penting karena kurma mengandung berbagai macam karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Walaupun kurma ini banyak sekali manfaatnya, tetapi karena kandungan gulanya yang tinggi sehingga bagi mereka yang menderita diabetes, alangkah baiknya untuk berhati-hati mengkonsumsi kurma dan semua jenis makanan yang manis-manis termasuk buah-buahan. Tetapi mereka penderita diabetes ini insyaa Allaah boleh mengkonsumsi madu karena kandungan di dalamnya adalah sukrosa. Untuk membedakan madu asli atau palsu bisa dibaca di sini. Allaahu a’lam.

No comments:

Post a Comment