Pola Diet Sehat

Di dalam tubuh manusia, terdapat organ-organ yang mempunyai jadwal piketnya masing-masing. Jadwal piket organ ini berhubungan dengan beberapa pengetahuan, salah satunya adalah dengan mengetahui jadwal piket organ tubuh kita, kita akan mengetahui pula pola hidup sehat yang seharusnya kita lakukan. Pola hidup sehat yang dimaksud diantaranya hubungan tentang jam, makanan dan fungsi organ apa yang sedang bekerja pada saat itu. Berikut ini kaitan jadwal piket organ dan makanan dan fungsinya terhadap organ tubuh kita:

Jam  05.01 - 07.00   ==>  Air Putih                      ==> membantu usus besar
Jam  07.01 - 09.00  ==> kurma/makanan manis  ==> menguatkan lambung
Jam  09.01 - 11.00  ==> buah manis/jus              ==> menguatkan limpa
Jam  11.01 - 13.00  ==> makan nasi & lauk        ==> menguatkan Jantung
Jam  13.01 - 15.00  ==> minum air putih            ==> menguatkan usus kecil
Jam  15.01 - 17.00 ==>  teh manis/madu hangat ==> kandung kemih
Jam  17.01 - 19.00 ==> makan sayur & nasi       ==> menguatkan ginjal
Jam  19.01 - 21.00 ==> Istirahat/tidur                 ==> perikardium (selaput jantung)
Jam  21.01 - 23.00 ==> Istirahat/tidur                 ==> tri pemanas
Jam  23.01 - 01.00 ==> Istirahat/tidur                 ==> kandung empedu
Jam  01.01 - 03.00 ==> Istirahat/tidur                 ==> liver (hati)
Jam  03.01 - 05.00 ==> mandi air yang diembunkan & shalat sunnah dll ==> akan menyehatkan paru-paru

pola diet yang sehat
Cara diet yang sehat
Berkaitan dengan penggunaan herbal, maka terkadang kita mendengar seorang tabib atau sensei contohnya yang sering dibahas di radio Rodja mengatakan suatu ramuan untuk diminum antara jam sekian sampai dengan jam sekian. Itu bukanlah seperti mbah dukun yang mewaktui sesuatu berdasarkan mimpi dan semacamnya, tapi semua itu bertujuan untuk menyehatkan organ tersebut sesuai dengan jam kerjanya. Misalnya Anda meminta ramuan herbal untuk menyehatkan limpa karena organ limpa Anda bermasalah, kemudian sensei atau tabib tersebut memberikan ramuan herbal dan menyarankan Anda untuk meminumnya antara jam 09.00 - 11.00 itu semua hanya semata-mata bertujuan untuk memaksimalkan manfaat herbal karena pada jam tersebut adalah jam kerja limpa.

Masih berkaitan dengan pola hidup sehat, dalam keseharian kita banyak sekali dijumpai makanan dan minuman yang terlihat tidak bermasalah tetapi makanan itu merupakan sumber penyakit bagi kita. Contoh makanan yang perlu dihindari yaitu gula putih atau gula pasir, ganti gula anda menjadi gula aren atau jika benar-benar ingin sehat, madu adalah pilihan utama sebagai pemanis. Selain itu kurangilah makanan-makanan yang berlemak, bersantan, gorengan dan dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, sayuran dan buah-buahan. Untuk masing-masing buah mempunyai manfaat yang berbeda-beda misalnya beda antara manfaat buah lemon dan buah kurma atau buah anggur tetapi insyaa Allaah semua buah itu bagus selama tidak berlebihan dan tidak ada pantangan suatu penyakit. Contohnya diabetes yang tidak boleh mengkonsumsi buah-buahan yang manis-manis karena kandungan gulanya yang tinggi. Oleh karena itu pengetahuan tentang manfaat buah atau herbal ini sangat perlu diketahui untuk keperluan kesehatan kita terutama bagi mereka yang benar-benar ingin menerapkan pola hidup sehat.

No comments:

Post a Comment