Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Lidah buaya dalam bahasa Arab dinamakan Shabir atau Uluwwah, dalam bahasa Latin dinamakan Aloe Vera dalam bahasa Perancis disebut Aloes de Socotora ini merupakan herbal yang bersifat dingin dan mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Bahkan dalam keseharian kita terkenal penggunaan lidah buaya untuk perawatan rambut dan kulit kepala.

Dalam penggunaannya, lidah buaya ini bisa dibuat jus, dikeringkan atau digunakan langsung tanpa melalui pengolahan sama sekali. Lidah buaya jika digunakan sebagai obat luar bisa untuk mengobati luka di kemaluan dan dubur, menyehatkan kulit kepada dan rambut, pengobatan alergi pada kulit, pemanjang rambut, pengering luka-luka dan juga bisa digunakan sebagai obat mata atau obat oles penghilang pusing-pusing dan sejumlah penyakit kulit lainnya.

Aloe Vera atau lidah buaya sebagai obat sakit mata ini disebutkan dalam sebuah hadis: "Sesungguhnya Utsman RadhiAllaahu 'anha pernah mengabarkan dari Rasuulullaah ShallAllaah 'alayhi wa sallam perihal seorang laki-laki yang sakit mata ketika ihram lalu diobatinya dengan daun Shabir (lidah buaya)" (H.R. Al-Imam Muslim no 1204, Al-Imam Abu Dawud no 1838, Al-Imam At-Tirmidzi no 952).

khasiat lidah buaya
Manfaat lidah buaya bagi kesehatan
Sedangkan jika lidah buaya ini digunakan sebagai obat untuk bagian dalam tubuh, maka lidah buaya bermanfaat sebagai obat pencahar perut, cacingan, tumor kulit, bronchitis, dan sembelit. Juga bermanfaat untuk memperlancar kerja hati, merangsang pertumbuhan baru pada kulit, menurunkan gula darah pada penderita diabetes, dan membantu mengeringkan luka bakar. Untuk mengetahui detail pemanfaatan lidah buaya, bisa dibaca di sini.

No comments:

Post a Comment