Khasiat Lidah Buaya untuk Mengobati Penyakit

Seperti yang pernah dituliskan di sini tentang pemanfaatan lidah buaya bagi kesehatan. Sekarang ini akan dibahas tata cara pemanfaatan lidah buaya:

Khasiat lidah buaya sebagai penyubur rambut
Ambil daun lidah buaya segar, secukupnya saja, kemudian dibelah atau bisa juga dikupas kulitnya nanti akan terlihat bagian dalam bening seperti jelly. Gosokkan pada kulit kepala setelah mandi sore, bungkus dengan kain, biarkan sampai besok pagi dan cuci bersih. Lakukan setiap hari selama 3 bulan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Khasiat lidah buaya untuk pengobatan luka bakar , luka berdarah karena goresan benda tajam atau luka karena tersiram air panas yang ringan
Daun lidah buaya dicuci bersih, dambil bagian dalamnya, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api atau air panas. Subhaanallaah...baru saja hari ini aku coba lidah buaya untuk rambutku sekalian buat campuran agar-agar semacam nutrigel gitu, ternyata ketika sedang membuang kulit lidah buaya itu, tanganku terkena pisau yang kebetulan pisau yang aku gunakan lumayan tajam, akhirnya tanganku berdarah sampai mengucur gitu. Kemudian aku coba balurkan gel-gel di dalam lidah buaya yang sedang aku proses dan kalau diperhatikan, gel itu akan ngeleler (atau mulur dalam bahasa jawa, atau bahasa gampangnya gel itu akan terus-menerus ikatannya tanpa henti), nah, aku inisiatif coba ikatkan leleran gel tersebut ke luka yang masih terus mengeluarkan darah dan subhaanallaah... beberapa saat darah itu langsung berhenti dan kulit yang terkelupas tadipun rapat kembali. Alhamdulillaah sekarang jari yang tergores pisau tadi langsung bisa digunakan untuk mengetik seperti biasa dan rasa sakitpun hilang Alhamdulillaah. Allaahu Akbar yang menciptakan obat alami seperti lidah buaya ini. Kalau ga percaya, coba deh kalau terkena apapun yang membuat kulit berdarah, langsung dikasih bagian dalam (gel) lidah buaya.

manfaat lidah buaya
Khasiat lidah buaya
Khasiat lidah buaya untuk mengobati bisul
Ambil daun lidah buaya, dilumatkan, tambahkan sedikit garam dan tempelkan pada bisul.


Khasiat lidah buaya untuk mengobati Kencing Manis atau Diabetes Militus
I batang lidah buaya dicuci bersih, buang durinya, kemudian dipotong-potong, rebus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1,5 gelas, minum 3 x 1/2 gelas sehabis makan.

Khasiat lidah buaya untuk mengobati batuk rejan
Daun lidah buaya sekitar 15-18cm dibersihkan, dipotong-potong, dibuang kulitnya lalu direbus, tambahkan gula kemudian diminum

Khasiat lidah buaya untuk mengatasi cacingan atau susah buang air kecil
Sebenarnya untuk yang susah buang air kecil itu bisa diobati dengan bekam insyaa Allaah cepat sembuhnya. Jika diobati dengan lidah buaya, maka ambil 15-30 gram akar kering lidah buaya kemudian direbus dan diminum.

Khasiat lidah buaya untuk mengobati luka terpukul, luka dalam (muntah darah) 
Ambil 10-15gram bunga kering lidah buaya direbus, diminum, atau bunga di tim dengan arak putih (khusus untuk pemakaian luar)

Khasiat lidah buaya untuk mengobati kencing darah
15 gram daun lidah buaya diperas, tambahkan 30 gram gula, tambahkan air beras secukupnya kemudian diminum

Khasiat lidah buaya untuk mengobati wasir
1/2 batang lidah buaya dihilangkan durinya. Cuci bersih lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu, aduk kemudian saring. Minum 3x sehari

Khasiat lidah buaya untuk mengobati sembelit
1/2 batang lidah buaya dicuci, buang kulit dan durinya, isinya dicincang kemudian diseduh dengn 1/2 cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu, diminum selagi hangat, 2 kali sehari

Yang perlu diperhatikan dalam pengobatan dengan lidah buaya ini yaitu akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan dan diare dan bagi wanita hamil dilarang meminum ramuan ini.

Sifat kimiawi dan efek farmakologisnya yaitu rasanya pahit, dingin karena lidah buaya ini merupakan jenis herbal yang bersifat dingin, anti radang, pencahar (laxative), parasitiside, herbal ini masuk ke meridien jantung, hati, dan pankreas. Kandungan kimianya yaitu Aloin, Barbaloin, Iso barbaloin, Aloe-emodin, Aloenin,dan Aloesin.

No comments:

Post a Comment